KURIKULUM
Kurikulum Prodi Perbandingan Mazhab, Fakultas Hukum dan Syariah, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dikembangkan berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 6 Jenjang Strata S1
penjelasan singkat
Kode Mata Kuliah
Kode mata kuliah terdiri dari tiga huruf dan empat digit angka. Tiga huruf menunjukkan mata kuliah tersebut termasuk komponen universitas, fakultas atau program studi.
Digit pertama mempunyai rentangan mulai dari angka 1 sampai 9 yang menunjukkan penyajian matakuliah disajikan di semester berapa.
Digit kedua dan ketiga menunjukkan urutan mata kuliah pada komponen universitas, fakultas, atau program studi. Digit terakhir menunjukkan jumlah bobot SKS pada mata kuliah yang disajikan
Mata Kuliah Nasional
Terdiri dari MK: Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia dan Studi KeIslaman
Mata Kuliah UIN Raden Fatah
Terdiri dari MK: Bahasa Inggris, Islam dan Ilmu Pengetahuan, Bahasa Arab, Islam dan Peradaban Melayu, KKN dan Skripsi
Mata Kuliah Wajib
Terdiri dari MK: kewirausahaan, kimia dasar, biologi umum, fisika umum, matematika dasar, administrasi dan supervisi pendidikan, ilmu pendidikan islam, kimia dasar lanjut, ikatan kimia, pengelolaan labolatorium kimia, kimia organik, kimia organik bahan alam, psikologi pendiidkan, praktek observasi, kimia analitik,matematika kimia, kimia pangan, kimia instrumen, kimia koordinasi, teori belajar dan pembelajaran, pengantar kurikulum, termodinamika, perencanaan pembelajaran kimia, kinetika, statistika pendidikan, praktek pengalaman lapangan dasar, dasar-dasar pemrograman komputer untuk kimia, biokimia, problematika pendidikan kimia, kimia sekolah, evaluasi pembelajaran kimia, metode penelitian pendidikan kimia, pengembangan media pembelajaran kimia, model pembelajaran kimia, seminar proposal, KKL, praktek pengalaman lapangan lanjut, seminar hasil
Mata Kuliah Pilihan
Mata kuliah pilihan terdiri dari: Penentuan struktur molekul, sintesis organik, kimia farmasi, chemoenterpreneurship (CEP), pembelajaran STEM dalam kimia, green chemistry, penelitian tindakan kelas, eksperimen kimia sekolah, pemroduksian bahan ajar kimia berbasis website.
PEMBAGIAN MATA KULIAH
SEMESTER 1 | |||
MATA KULIAH | SKS | KODE | |
KEWIRAUSAHAAN | 2 | TPK 1012 | |
KIMIA DASAR | 4 | TPK 1024 | |
BIOLOGI UMUM | 2 | TPK 1032 | |
FISIKA UMUM | 2 | TPK 1042 | |
MATEMATIKA DASAR | 2 | TPK 1052 | |
STUDI KEISLAMAN | 3 | UIN 1013 | |
PANCASILA | 2 | UIN 1022 | |
BAHASA INDONESIA | 2 | UIN 1042 | |
BAHASA ARAB | 2 | UIN 1052 | |
BAHASA INGGRIS | 2 | UIN 1062 | |
TOTAL | 23 |
|
SEMESTER 2 | ||
MATA KULIAH | SKS | KODE |
ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN | 3 | TPK 2063 |
ILMU PENDIDIKAN ISLAM | 3 | TPK 2073 |
KIMIA DASAR LANJUT | 3 | TPK 2083 |
IKATAN KIMIA | 2 | TPK 2092 |
PENGELOLAAN LABOLATORIUM KIMIA | 3 | TPK 2103 |
KIMIA ORGANIK | 4 | TPK 2114 |
KIMIA LINGKUNGAN | 2 | TPK 2122 |
KEWARGANEGARAAN | 2 | UIN 2032 |
TOTAL | 22 |
|
SEMESTER 3 | ||
MATA KULIAH | SKS | KODE |
KIMIA ANORGANIK | 4 | TPK 3134 |
KIMIA ORGANIK BAHAN ALAM | 3 | TPK 3143 |
PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 3 | TPK 3153 |
PRAKTEK OBSERVASI | 1 | TPK 3161 |
KIMIA ANALITIK | 4 | TPK 3174 |
ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN | 2 | TPK 3182 |
MATEMATIKA KIMIA | 2 | TPK 3192 |
KIMIA PANGAN | 2 | TPK 3192 |
TOTAL | 21 |
SEMESTER 4 | ||||
MATA KULIAH | SKS | KODE | ||
KIMIA INSTRUMEN | 3 | TPK4203 | ||
KIMIA KOORDINASI | 2 | TPK4212 | ||
TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 4 | TPK4224 | ||
PENGANTAR KURIKULUM | 4 | TPK4234 | ||
TERMODINAMIKA | 4 | TPK4244 | ||
PERENCANAAN PEMBELAJARAN KIMIA | 4 | TPK4254 | ||
MATA KULIAH PILIHAN · PENENTUAN STRUKTUR MOLEKUL · SINTESIS ORGANIK · KIMIA FARMASI | 3 | TPK4263 TPK4273 TPK4283 | ||
TOTAL | 24 |
SEMESTER 5 | |||
MATA KULIAH | SKS | KODE | |
KINETIKA | 3 | TPK5293 | |
STATISTIKA PENDIDIKAN | 3 | TPK5303 | |
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DASAR | 2 | TPK5312 | |
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER UNTUK KIMIA | 2 | TP5322 | |
ISLAM DAN PERADABAN MELAYU | 2 | UIN5112 | |
KKN | 4 | UIN5074 | |
BIOKIMIA | 3 | TPK5333 | |
PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KIMIA | 2 | TPK5342 | |
MATA KULIAH PILIHAN · CHEMO ENTREPRENEURSHIP (CEP) · PEMBELAJARAN STEM DALAM KIMIA · GREEN CHEMISTRY | 3 | TPK5353 TPK5363 TPK5373 | |
TOTAL | 24 |
|
SEMESTER 6 | ||||
MATA KULIAH | SKS | KODE | ||
KIMIA SEKOLAH | 4 | TPK6384 | ||
EVALUASI PEMBELAJARAN KIMIA | 4 | TPK6394 | ||
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN KIMIA | 3 | TPK6403 | ||
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA | 4 | TPK6414 | ||
MODEL PEMBELAJARAN KIMIA | 4 | TPK6424 | ||
SEMINAR PROPOSAL | 1 | TPK6431 | ||
KKL | 1 | TPK6441 | ||
MATA KULIAH PILIHAN · PENELITIAN TINDAKAN KELAS · EKSPERIMEN KIMIA SEKOLAH · PEMRODUKSIAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS WEBSITE | 3 | TPK6453 TPK6463 TPK6473 | ||
TOTAL | 24 |
|
SEMESTER 7 | ||
MATA KULIAH | SKS | KODE |
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN LANJUT | 3 | TPK7483 |
SEMINAR HASIL | 1 | TPK7491 |
SKRIPSI | 6 | UIN 7066 |
TOTAL | 10 |